Jumat, 20 Agustus 2010

WHEN EVERYONE IS GUILTY (it becomes a crime to be innocent)

Permasalahan utama saat ini adalah ketertundukan kita pada penggunaan kekuasaan dan kekuatan yang mengarah pada kekerasan dalam relasi keseharian. Saya sering bertanya kepada diri saya sendiri, kenapa saya masih merasa harus patuh pada bapak saya? juga dengan guru saya? teman saya? kakek saya? pacar saya? Tuhan saya?...

Jawaban saya adalah takut? Saya takut kulat sama bapak - ibu kita? Takut tidak dianggap teman - teman saya? Takut di masukkan neraka oleh tuhan saya? Dan ketakutan - ketakutan lainnya. Dan kenapa juga ini bisa terjadi? ... Ini karena kita telah di biasakan untuk ber relasi atas dasar kekerasan, atau lebih tepatnya kekerasan psikologis dalam seluruh keseharian kita sejak kecil..... Alasan kamu menhormati Tuhanmu, Bapakmu, Gurumu, dan orang - orang yang kamu anggap mempunyai otoritas lebih tinggi dari kamu adalah karena kamu TAKUT pada mereka..... Ketakutan ini bukan karena "mereka" lebih tau "apa lebih baik dari kamu" dan bukan karena kamu akan "baik - baik saja" jika kamu menuruti mereka.....Tetapi karena kamu takut akan hukuman yang akan di timpakan pada kamu jika kamu tidak melakukan apa yang mereka minta. Kamu dibuat "merasa" tidak enak dan terpenjara dalam ketakutan yang di buat sistem ini.

Ya dunia ini busuk karena kita terbiasa terima dan tunduk serta patuh padakekuatan otoritas - otoritas yang kita anggap lebih tinggi dari kita sendiri. Dan dunia tikan akan pernah berubah jika kita masih berelasi menggunakan mental berdasarkan ketakutan. Selama kamu "merasa" harus menghormati otoritas.....tidak akan pernah ada perubahan.....kalaupun ada perubahan haltersebut hanyalah tunduk patuh dari satu otoritas ke otoritas lainnya.....Seperti misalnya ketika kamu bekerja, kamuberalih dari patuh pada bapak ibumu untuk kemudian patuh pada atasanmu.....Hanya otoritas - otoritas berbeda dengan mental yang sama.....Dan karena kamu terbiasa melihat hal tersebut dalam dunia yang kamu hidupi sekarang maka kamu mengatakan hal tersebut adalah hal yang alami.....

Sudah waktunya untuk tidak terima dan patuh lagi.....Sudah waktunya untuk melawan.....sudah waktunya untuk belajar.....Menolak rasa takut dan membangun suatu relasi baru dalam kehidupan kita.....Untuk merubah diri kita.....karena selamakita masih merasa takut akan satu sama lain.....Saling menyembunyikan dan tidak jujur tentang apa yang kita pikir dan rasakan maka tidak akan pernah berubah dunia BUSUK ini! Akan begini - begini terus.....mungkin saya hanya bermimpi.....tetapi paling tidak saya hidupi mimpi - mimpi saya.....Dan mencoba tidak takut.....Ya saya hanya bisa mencoba.....Ayo kita saling berbagi mimpi - mimpi kita?


(KOLEKTIF BUNGA #3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar